Jumat, 16 Mei 2014

Pengertian Seni Tari


1. PENGERTIAN TARI Seni tari adalah bentuk penyampaian jiwa manusia melalui gerak-gerak ritme yang      indah. Ada 3 hal penting dalam menari yaitu : -Gerak -Ritmis -Indah
2. UNSUR DASAR TARI Unsur dasar yang membuat suatu tarian terdiri dari : -Waktu -Gerak -Ruang -          Tenaga
3. RUANG Jika kamu melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melakukan gerak di ruang                  pribadi,sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak di ruang                    umum.gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri,berpasangan atau berkelompok.
4. WAKTU Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis maupun gerak                        fungsional.gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu sama dengan          menari.
5. TENAGA dalam menari kita pasti memerlukan tenaga.penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi :             Intensitas : berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak.     Aksen/tekanan: muncul ketika gerak dilakukan secara tiba-tiba. Kualitas; berkaitan dengan cara                 penggunaan atau penyaluran tenaga.
6. GERAK gerak tari adalah gerak yang mengalami perubahan proses stilasi dari gerak wantah ke gerak            murni. contoh gerak wantah adalah mencangkul, membatik dan lain sebagainya.
7. Jenis-jenis tari jenis-jenis tari dibedakan menjadi tiga : Jenis tari menurut koreografi Istilah koreografi            adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyusun tari. Tari menurut koreografi dibedakan menjadi tiga : Tari rakyat tari rakyat adalah tari yang hidupdan berkembang pada masyarakat tertentu. Ciri-ciri:                    sederhana, tidak mengindahkan norma-norma keindahan, memiliki kekuatan magis.
8.  Tari klasik adalah tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi. Ciri-ciri :mengalami kristalisasi           keindahan yang tinggi, hidup di kalangan raja-raja, adanya standarisasi.  tari kreasi baru dan tari                 modern tari kreasi baru adalah tari klasik yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan         diberi nafas indonesia baru. tari modern adalah sebuah tari yang mengungkapkan perasaan manusia                secara bebas.
9.  Jenis tari menurut fungsinya. jika dilihat fungsinya,tarian di indonesia dibedakan menjadi: Tari hiburan          adalah tari yang menitik beratkan pada hiburan,bukan pada segi keindahan.pada umumnya merupakan          tari pergaulan. contohnya adalah joget dari bali,orekorek dari surakarta. Tari upacara adalah sebuah          tari yang mempunyai kekuatan magis yang digunakan untuk mempengaruhi alam.tarian ini terdapat di              pedalaman irian jaya,selawesi,bali. contohnya adalah tari rejang,pendet,dll
10.  Tari pertunjukan merupakan sebuah tari yang menunjukan segi keindahannya .yang termasuk dalam tari        pertunjukan adalah tari rakyat dan tari upacara. Jenis tari menurut tema atau isinya : pantomim Tari          adalah sebuah tari yang menirukan objek diluar diri manusia.contohnya adalah tari kupu-kupu,tenun,dll.          Tari erotik sebuah tari yang mengandung unsur percintaan.contohnya adalah tari gatot kaca                            gandrung,tari jalung mas,dll
11.  Tari Kepahlawanan Adalah tari yang mengandung unsur-unsur heroik. Contohnya : tari Anoman                    Rahwana. Dramatari Adalah tari yang dalam penyajiannya menggunakan alur cerita, tema dan                   dilakukan oleh kelompok. Contohnya : tari Gajah Mada , Arjuna Wiwaha, dll.

Sekian Postingan saya kali ini , semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar